Style Switcher
Color Skins
06 Sep 2021

Kampus Konservasi UIN Sutha Jambi

Kampus UIN STS Jambi memiliki 2 (dua) area kampus yang berdiri. Kampus yang pertama yaitu Kampus I berdiri di Telanai, Kota Jambi dan Kampus II berdiri di Simpang Sungai Duren, Kabupaten Muaro Jambi. Kampus I dan II memiliki luas 732.000 m2. Luas area kampus I mencapai 102.000 m2 yang berada di Jl. Arif Rahman di pusat Kota Jambi dengan Koordinat 1o36’45”S 103o34’32”E, sedangkan luas area kampus II mencapai 630.000 m2 yang terletak di Jl. Muara Bulian 16 Kab. Muara Jambi atau 10 Km dari pusat kota dengan Koordinat 1o36’22”S 103o30’30”E.

Provinsi Jambi merupakan salah satu hotspot biodiversitas tertinggi di Indonesia yang menyimpan sumber genetik plasma nutfah keanekaragaan hayati.  Degradasi dan Fragmentasi habitat tentu saja dapat mengancam sumber genetik plasma nutfah yang akan berujung kepunahan suatu spesies. salah satu upaya atau langkah untuk menjamin sintasan sumber genetik plasma nutfah yaitu dengan adanya program konservasi baik konservasi ex-situ maupun konservasi in-situ.

UIN Jambi merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagaaman yang  juga peduli terhadap sediaan sumber genetik plasma nutfah di Provinsi Jambi. Program konservasi ini tentu saja menjadi program yang sangat masiv untuk penyelamatan flora dan fauna yaitu dengan pembentukan Compact Eco-Edu Tourism yang berlokasi di Hutan Kampus di Kampus II Simpang Sungai Duren. Wilayah kampus II ini masih berada di kawasan Pedesaan (Rural) karena masih memiliki Tutupan Vegetasi yang tinggi dan jauh dari perkotaan.