Style Switcher
Color Skins
11 Oct 2021

Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Melakukan Riset Analisis Vegetasi Hutan Kampus

Pengetahuan mengenai distribusi makhluk hidup bermanfaat untuk mengetahui keakeragaman vegetasi di suatu habitat dan sebagai referensi pengambilan keputusan tentang program konservasi atau pelestarian yang akan diambil.

Untuk mengetahui sebaran macam spesies di suatu wilayah, kita dapat menggunakan metode analisis vegetasi. Selain itu, metode ini juga dapat digunakan untuk mengetahui hubungan interaksi antar vegetasi dalam suatu ekosistem. metode ini untuk mengetahui seberapa besar sebaran berbagai macam makhluk hidup yang ada dalam suatu area.

Analisis vegetasi yang dilakukan di hutan kampus UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi ini diikuti oleh 15 orang yang merupakan program kolaborasi pusat kajian demografi, etnografi, dan transformasi sosial, pusat kajian admisi promosi dan perankingan dunia, duta green sutha, volunteer demos, volunteer lingkungan hidup UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan tim ahli botani dari Universitas Jambi.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar sebaran berbagai macam spesies dalam suatu area. Melalui penelitian ini, maka dapat diketahui hubungan apa yang terdapat di antara vegetasi dengan makhluk hidup lain pada suatu ekosistem serta kepadatan, frekuensi, dan dominasi dari organisme penyusun komunitas melalui data dalam bentuk grafik.

Analisis vegetasi merupakan suatu metode penting yang dianjurkan untuk mengetahui persebaran spesies pada area tertentu, serta hubungan antara spesies dengan komunitas lainnya.