Style Switcher
Color Skins
01 Nov 2021

Mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saiffuddin Jambi mengikuti acara "the 1st National Student Leaders on Sustainability Meeting (NSLSM) 2021"

UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi mengikuti agenda pertama UI GreenMetric World University Rankings “the 1st National Student Leaders on Sustainability Meeting (NSLSM) 2021” yang dilaksanakan di UIN Raden Intan Lampung pada 27-29 Oktober 2021. Melalui Green Sutha yang di koordinatori oleh Pusat Kajian Admisi Promosi dan Perankingan Dunia melakukan seleksi calon utusan Green Sutha UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi secara terbuka untuk seluruh mahasiswa.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan The 1st National Student Leaders On Sustainability Meeting 2021 adalah:

  1. Berbagi pengetahuan tentang urgensi sustainability dan sumber daya manusia yang diperlukan dalam mewujudkan dan mempertahankan sustainability di perguruan tinggi maupun pada masyarakat.
  2. Berbagi pengalaman tentang isu-isu keberlanjutan pada tingkat organisasi kemahasiswaan/mahasiswa di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
  3. Menciptakan calon pemimpin masa depan yang memahami tentang keberlanjutan

Dalam kegiatan seleksi ini telah terpilih 1 mahasiswa atas nama Muhammad Kholis (Ilmu Pemerintahan, Fakultas Syariah). Utusan Green Sutha didampingi oleh Dosen Team Green Sutha for UI GreenMetric World University Rankings yaitu Ahmad Syukron Prasaja, S.Si., M.Sc.

Kegiatan NSLSM 2021 pada hari Pertama tanggal 27 Okrober 2021 dilaksanakan secara langsung di Hotel Emerasia, Lampung yang dibuka langsung oleh Walikota Lampung Hj. Eva Dwiana, SE., M.Si. Kegiatan NSLSM 2021 dihadiri juga Chair Person UI GreenMetric World University Rankings yaitu Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., MM.

Pada hari kedua tanggal 28 Oktober 2021 kegiatan dilakukan di Kampus UIN Raden Intan Lampung yaitu FGD (Focus Group Discussion) yang dibuka oleh Vice-Chair Mr. Junaidi, SS., MM. dan Melia Soniman selaku Youth Activator. Pada FGD, utusan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menjadi pemantik materi dibidang Green Trasportation. Akhir sesi dihari kedua ditutup dengan Tour Campus di UIN Raden Intan Lampung dengan melihat proses pengolahan limbah plastic, pengolahan limbah organic, filtrasi air embung yang memiliki standar PDAM, dan diakhiri dengan proses penanaman pohon.

Di hari ketiga seluruh peserta melaksankan kegiatan aksi lingkungan yang di laksanakan di pantai Pahawang. Acara ini terdapat beberapa kegiatan yang di lakasanakan seperti clean up beach dan aksi menanam pohon mangrove serta juga menikmati keindahan alam laut pahawang.

Penutupan agenda pertama NSLSM 2021 di tutup pada malam hari di hotel Emersia dan juga pengumuman pemantik terbaik, video terbaik, dan juga peseta terbaik.

Agenda kedua tahun 2022, NSLSM akan dilakukan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Banten sebagai kegiatan rutinitas tahunan.