Style Switcher
Color Skins
21 Oct 2021

Mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi bersama UI, UGM, ITS, UNDIP, IPB Merumuskan Kebijakan Green Campus

Mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi terlibat langsung dalam merumuskan kebijakan sustainability dalam upaya dukungan terhadap program Green Campus dan SDGs yang dilakukan pada tanggal 27-29 Oktober 2021 secara langsung di UIN Raden Intan Lampung atas nama M. Kholis dari Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Syariah yang terpilih berdasarkan seleksi yang ketat mengenai pengetahuan khusus tentang UI GreenMetric World University Rankings dan Program Green Campus. Pengumuan pemilihan utusan Green Sutha ini disampaikan langsung oleh PIC Green Sutha for UI GreenMetric World University Rankings dan Team Green Sutha.

Kegiatan The 1st National Student Leaders On Sustainability Meeting 2021 ini meruapakan yang pertama kali diagendakan oleh UI GreenMetric World University Rankings yang melibatkan mahasiswa sejak berdiri tahun 2010. Metodologi yang digunakan oleh UI GMWUR ini terdapat 6 kriteria yaitu :

  1. Setting and Infrastructure
  2. Energy and Climate Change
  3. Waste
  4. Water
  5. Transportation
  6. Education and Research

Perguruan Tinggi perlu meningkatkan kesadaran dengan semua komunitas akademiknya dalam melakukan kebijakan dan program yang relevan, konsisten serta sejalan dengan konsep keberlanjutan. Sehubungan dengan itu, semua upaya ini perlu dikelola oleh sumber daya manusia yang dipersiapkan khusus untuk melakukan dan mempertahankan transformasi perguruan tinggi yang berkelanjutan. Selain itu upaya tersebut juga perlu dikelola oleh unit kerja atau melekat pada unit koordinatif tertentu di tingkat pimpinan perguruan tinggi maupun organisasi kemahasiswaan yang bermuara pada sinergi sivitas akademika pada setiap perguruan tinggi.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah:

  1. Berbagi pengetahuan tentang urgensi sustainability dan sumber daya manusia yang diperlukan dalam mewujudkan dan mempertahankan sustainability di perguruan tinggi maupun pada masyarakat.
  2. Berbagi pengalaman tentang isu-isu keberlanjutan pada tingkat organisasi kemahasiswaan/mahasiswa di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
  3. Menciptakan calon pemimpin masa depan yang memahami tentang keberlanjutan.