Style Switcher
Color Skins
15 Oct 2021

Persiapan Submit UI GreenMetric World University Rankings, UIN Sutha Jambi Menargetkan 350 Besar Ranking Internasional

UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi mempersipakan dokumen yang akan disubmit pada Perankingan Internasional melalui UI GreenMetric World University Rankings. Pada tahun 2020, Rankings UIN STS Jambi menempati peringkat 485 di Dunia dari 912 Perguruan Tinggi di seluruh Dunia, 227 di Asia, 40 di Indonesia, dan 3 di PTKIN. Perankingan ini menitik beratkan pada penilaian yaitu bagaimana proses yang dilakukan oleh suatu Perguruan Tinggi (kampus) untuk mewujudkan Green Campus sebagai upaya dukungan terhadap 17 Tujuan indikator SDGs (Sustainable Development Goals). 2021 merupakan tahun ke-2 UIN STS Jambi berpartisipasi dalam pemeringkatan ini.

Team dari Green Sutha untuk UI GreenMetric World University Rankings ini terdiri dari Pusat Kajian yaitu Pusat Kajian Admisi Promosi dan Perankingan Dunia, Pusat Kajian Lingkungan Hidup, Pusat Kajian SDGs, Pusat Kajian Demografi, Pusat Kajian Disabilitas, Pusat Kajian Melayu, Pusat Kajian Masyarakat Digital, Duta Green Sutha danAdmisi, dan Volunteer Pusat Kajian.

Partisipasi dan dukungan dari Prodi, Fakultas, Pusat Kajian, Unit/Lembaga, Rektorat, serta Mahasiswa dapat memberikan angin segar dalam mewujudkan Green Campus yang dilakukan secara bertahap namun pasti. Ranking 350 besar secara Internasional merupakan target yang realistis untuk dapat dicapai pada tahun 2021 ini.

Perankingan UI GreenMetric World University Rankings ini memiliki 6 metodologi yang digunakan dengan presentase yang berbeda yaitu :

  1. Setting and Infrastructure (18%)
  2. Energy and Climate Change (21%)
  3. Waste (15%)
  4. Water (10%)
  5. Transportation (18%)
  6. Education and Research (18%)