Style Switcher
Color Skins
23 Jun 2021

Sosialisasi Pemilihan Limbah di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan untuk Sustainable University

Pusat Kajian Admisi Promosi dan Perankingan Dunia dan Pusat Kajian Lingkungan Hidup beserta Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam rangka mewujudkan program green campus  melakukan diskusi “Sosialisasi Pemilahan dan Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik” di lingkungan kampus sebagai bagian dari salah satu Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan sosialisasi ini  dilaksanakan pada hari Rabu, 23 Juni 2021 di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (Dr. Hj. Fadhlilah, M.Pd), Wakil Dekan bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (Dr. Najmul Hayat, M.Pd.I), Kabag Umum (Sri Rezeki, S.Ag), Ketua dan Sekretaris Pusat Kajian Admisi Promosi dan Perankingan Dunia / Green Sutha (Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc dan Aini Qomariah Manurung, S.Si., M.Sc), Ketua Pusat Kajian Lingkungan Hidup (Syukrya Ningsih, S.Si., M.Si),  Duta Green Sutha (Ririn Putri Rahayu dan Zulfa Malika Amana - Prodi PGMI) dan Volunteer Lingkungan Hidup (Izhar Bafadhal - Prodi Fisika / Siti Nurbaya - Kimia / Tri Riski - Tadris Matematika).

Di lingkungan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, sampah dalam beragam variasi bentuknya masih cukup banyak ditemui dimana-mana.  Sampah di Kampus dapat dibedakan menjadi sampah organik dan sampah anorganik. Sampah anorganik dan sampah organik dapat didaur ulang dengan perlakukan yang berbeda. Sampah yang dapat didaur ulang memiliki nilai ekonomis. 

Sampang Organi dapat dijadikan olahan menjadi Eco Enzyme yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Sampah organik mendapat perlakuan dengan difermentasi selama 90-100 hari dengan komposisi perbandingan 1 : 3 : 10 yaitu molasi : bahan organik : air. Sementara sampah anorganik dengan perlakuan yang berbeda dengan sampah organik yaitu dengan pembuatan Eco Brick yaitu botol plastik yang didalamnya berisi potongan plasitik kecil hingga terisi penuh dengan berat pada botol 600 ml memiliki berat hingga 200 g. Pada botol 1,5 liter hingga memiliki berat 500 g.

Untuk mendukung  UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menuju sustainable university, salah satu penerapannya adalah melalui kegiatan pengelolaan sampah ini. Tentu saja, untuk meningkatkan efektivitas kegiatan ini, dibutuhkan partisipasi aktif dari semua pihak. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melalui kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah berusaha berkontribusi untuk menggerakkan seluruh masyarakat Fakultas Tarbiyan dan Keguruan untuk turut serta dalam aksi positif ini sebagai agent of change.