Style Switcher
Color Skins
22 May 2021

The Future Depends on Biodiversity

Pusat Kajian Admisi Promosi dan Perankingan Dunia dan Green Sutha berkomitmen dan mengajak kolaborasi bersama dalam menjaga Biodiversitas Indonesia. 

Biodiversitas dan Alasan Konservasi Biodiversitas

Alasan ekologi

Kerusakan hutan pada laju yang sekarang telah meningkatkan emisi Carbon hampir 20 %. Ini sangat signifikan karena carbon dioksida merupakan salah satu gas rumah kaca yang berimplikasi pada kecenderungan pemanasan global.  Salju dan penutupan es telah menurun, suhu lautan dalam telah meningkat dan level permukaan lautan meningkat 100-200 mm selama satu abad yang terakhir. Bila laju yang sekarang berlanjut, para pakar memprediksi bumi  secara rata-rata 1 derajat Celsius akan lebih panas menjelang tahun 2025. Peningkatan permukaan air laut dapat menenggelamkan banyak wilayah. Kondisi cuaca yang ekstrem yang menyebabkan  banjir, serta distribusi organisme penyebab penyakit tidak dapat diprediksi. Hutan dapat mempengaruhi pola curah hujan melalui transpirasi dan melindungi daerah aliran sungai. Deforestasi menyebabkan penurunan curah hujan dan perubahan pola distribusinya. Ini juga menyebabkan erosi dan banjir yang berdampak langsung pada manusia.

Alasan ekonomi

Bencana alam seperti banjir, dan kebakaran hutan yang secara langsung maupun tidak langsung disebabkan kegiatan manusia, semuanya memberikan konsekuensi ekonomi serius pada wilayah yang terkena. Kehilangan biodivesitas secara umum juga berarti bahwa spesies yang memiliki potensi ekonomi dan sosial mungkin hilang sebelum mereka ditemukan. Sumberdaya obat-obatan dan bahan kimian yang bermanfaat yang dikandung oleh spesies liar mungkin hilang untuk selamanya. Kekayaan spesies yang terdapat pada hutan hujan tropis mungkin mengandung bahan kimia dan obat-obatan yang berguna. 

Alasan estetis

Semua orang akan setuju bahwa areal bervegetasi dengan semua kandungan kehidupannya akan lebih menarik daripada yang terbakar,  lanskap yang rusak atau bangunan beton yang luas. Kebeadaan manusia terkait dengan dunia alami.