Style Switcher
Color Skins
25 Apr 2021

Waste to Bless : Magic Liquid for Green Campus Training of Trainers (ToT) Eco Enzyme UIN Sutha Jambi

UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menyelenggarakan program ToT Eco-Enzyme series III Perguruan Tinggi Islam se-Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 8 April 2021. Program ToT Eco Enzyme ini merupakan yang ketiga dilaksanakan dibawah naungan UI GreenMetric World University Ranking.  tim pelaksana ini merupakan kolaborasi Tim Eco Enzyme Nasional dari 11 Perguruan Tinggi di Indonesia yaitu :

1. Univ Sumatera Utara

2. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

3. Univ Negeri Padang

4. Univ Brawijaya

5. Univ Padjajaran

6. Univ Bengkulu

7. Univ Syiah Kuala

8. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

9. UPN Veteran Yogyakarta

10. Univ Negeri Surabaya

11. Univ Kuningan 

Acara yang mengusung tema "Waste to Bless : Magic Liquid for Green Campus" telah terlaksana dengan baik dengan jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 313 peserta dari 110 Intansi baik dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, Dinas Pertanian, LIPI, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Atas, Dinas Peternakan, LSM, dan Masyarakat Umum.

Pemateri :

Dr. Ir. R.R. Rukmowati, M.Arg  (UPN  Veteran Yogyakarta)

Sisca Alicia Farma, M.Bio.Med (Universitas Negeri Padang)

Dr. Ir. Nurzainah Ginting, M.Si (Universitas Sumatera Utara)

Syukrya Ningsih, M.Si (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)

 

Eco-Enzyme merupakan salah satu bentuk solusi untuk masalah lingkungan dalam penanganan limbah organik. Eco-Enzyme merupakan hasil fermentasi limbah organik seperti buah segar dan sayur mayur yang tidak dimanfaatkan lagi. komposisi fermentasi eco-enzyme ini terdiri atas molase, buah, dan air yang memiliki perbandingan 1 : 3 : 10 yang difermentasi selama 90-100 hari. 

sesuai dengan tema dalam ToT ini yaitu Magic Liquid yang memiliki air bahwa eco-enzyme memiliki banyak manfaat dalam kebutuhan rumah tangga, pertanian, peternakan baik skala mikro maupun skala makro. Adanya kegiatan ini tentu saja dengan harapan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sebagai tuan rumah ToT dapat menjadikan trainers kepada peserta ditempat tinggalnya dan sebagai aksi nyata dalam mengatasi permasalahan yang terjadi pada lingkungan hidup