Loading...

UIN Sutha Jambi pesaing Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada

Image

Pengumuman UI GreenMetric World University Ranking yang dilakukan secara semi virtual ini menarik berbagai perhatian Perguruan Tinggi di seluruh Dunia yang dilakukan pada tanggal 7 Desember 2020. Delapan puluh empat negara yang terdiri dari 912 Universitas mengikuti acara tahunan yang diselenggarakan oleh http://greenmetric.ui.ac.id/. UIN Sutha Jambi untuk pertama kalinya mengikuti perankingan Internasional ini dan mengejutkan berbagai pihak dengan hasil yang sangat luar biasa. 

Enam indikator penilaian yaitu Setting and Infrastructure, Energy and Climate Change, Waste, Water, Transportation, dan Education and Research merupakan indikator pengelolaan kampus ramah lingkungan dengan pembangunan yang berkelanjutan. Hasil penilaian ini UIN Sutha Jambi mendapatkan point 5150 dan terpaut sedikit dengan Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. 

UIN Sutha Jambi menjadi Universitas 3 besar terbaik di PTKIN. Universitas terbaik ke 40 di Indonesia, serta Universitas terbaik ke 485 di Dunia dari 912 Perguruan Tinggi yang mengikuti pemeringkatan versi UI GreenMetric dengan score 5150 dari 10.000 total point yang didapatkan.

Universitas Indonesia (UI) mengawali sebuah Peringkat Universitas Dunia pada tahun 2010 yang kemudian dikenal dengan nama “UI GreenMetric World University Rankings“ untuk mengetahui usaha berkelanjutan kampus. Hal ini dimaksudkan untuk membuat survei online untuk melihat program dan kebijakan berkelanjutan pada universitas di seluruh dunia. 

Ranking 5 besar terbaik di Dunia yaitu :

  1. Wageningen University & Research
  2. University of Oxford
  3. Nottingham University
  4. Nottingham Trent University
  5. University of California, Davis

         485. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

         912. Basrah University College 

Ranking 5 besar terbaik di PTKIN yaitu :

  1. UIN Raden Intan Lampung
  2. UIN Walisongo Semarang
  3. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  4. UIN Raden Fatah Palembang
  5. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ranking 3 terbaik di Indonesia

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Diponegoro
  3. Universitas Gadjah Mada

        40. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

hasil yang didapatkan pada tahun 2020 sebagai bahan evaluasi untuk pemeringkatan ditahun 2021 yang akan datang dengan harapan bisa menjadi Ranking 1 di PTKIN dan 10 besar di Indonesia.