Style Switcher
Color Skins
15 Dec 2023

Delegasi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menghadiri National Student Leaders on Sustainability Meeting (NSLSM) di Universitas Padjadjaran

Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi mengirimkan 2 delegasi mahasiswa dalam kegiatan NSLSM (National Student Leaders on Sustainability Meeting) di Universitas Padjajaran, atas nama Ayu Faadila (Duta Green Sutha) dan Khairunisa yang didampingi Dosen Pendamping Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc (Ketua Program Studi Biologi FTS UIN STS Jambi) dan Fevi Mawadhah Putri, S.Si., M.Si (Dosen Biologi FST UIN STS Jambi). Terpilihnya delegasi UIN STS Jambi ini melalu seleksi internal dan eksternal dari essay yang dibuat oleh calon peserta dengan tema economi sirkuler. Seleksi internal dilakukan didalam kampus, dan seleksi eksternal yang dilakukan oleh Universitas Padjadjaran. Seleksi ekternal inilah yang menentukan keberangkatan delegasi setiap perguruan tinggi di Indonesia. 
Acara ini berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 04-06 September 2023. NSLSM merupakan agenda tahunan yang di inisiasi oleh UI GreenMetric World University Ranking untuk mengedukasi generasi muda terkait perannya dalam pengelolaan lingkungan berkelanjutan. Tahun 2023 merupakan kali ketiga NSLSM dilaksanakan, tuan rumah pelaksanaan NSLSM yang ketiga adalah Universitas Padjadjaran. NSLSM tahun 2023 merupakan kegiatan yang diikuti oleh perwakilan mahasiswa seluruh Indonesia mitra UI GreenMetric World University Ranking dengan terpilih peserta dari 42 universitas, dengan total peserta sebanyak 74 mahasiswa. Agenda NSLSM dimulai dengan gala dinner di hari Senin, 4 September 2023 pukul 19.15 denganmemperkenalkan pakaian adat dari masing-masing daerah peserta.
Agenda berikutnya di hari Selasa, 5 September 2023 yaitu dimulai dengan Opening Ceremony dihadiri oleh Wakil Rektor Unpad (Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc)., Ketua UI GreenMetric World University Ranking (Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M)., Wakil Ketua UI GreenMetric World University Ranking (Dr. Junaidi, MM) serta tim UI GreenMetric.  Acara NSLSM 2023 dilaksanakan di Auditorium Bale Santika Unpad. 
Rangkaian kegiatan yang dilakukan yaitu Pembacaan Komitmen Menjaga Lingkungan yang di pimpin oleh Aghni (Ketua Departemen Biologi Unpad), dilanjutkan dengan penjelasan mengenai UIGM yang disampaikan oleh Dr. Junaidi, S.S., M.A. Kemudian dilanjutkan materi yang disampaikan oleh Umi Karomah Yaumidin, Ph.D mengenai “A Transition Toward Circular Economy : Transformative Learning In Education for Sustainability Develobment”, Prof. Hendarmawan mengenai “Ekonomi Sirkular yang Diterapkan di Universitas Padjajaran”, Dr. Alfred Boediman mengenai “Circular Economy Applications in the Professional World”, dan Michelle Azista, M.Si. 
Acara selanjutnya yaitu Forum Group Discussion, sebelumnya peserta NSLSM telah dibagi menjadi 6 kelompok besar yang membahas enam indikator penting terkait pengelolaan lingkungan di kampus. Enam indikator yang diberikan yaitu Setting and Infrastructure (SI), Energy and Climate Change (EC), Waste (WS), Water (WR), Transportation (TR), Education and Research (ED). Delegasi UIN STS Jambi masuk dalam 2 tema FGD, Ayu Faadila dalam tema Education and Research (ED) dan Khairunisa dalam tema Waste (WS).
Agenda di hari ketiga Rabu 6 September 2023, peserta NSLSM melakukan kunjungan ke Ekoriparian Unpad, dan Pengenalan Arboretum Unpad oleh Joko Kusmoro, Drs., M.P. Dilanjutkan dengan aksi lingkungan yaitu penanaman pohon, dan pelepasan ikan ke danau kemudian tour kampus mengunjungi Gedung Rektorat Universitas Padjajaran. Delegasi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Ayu Faadila menjadi salah satu peserta kelompok FGD terbaik dalam tema Education and Research (ED).