Style Switcher
Color Skins
01 Jul 2022

Implementasi MoU : Pusat Kajian Konservasi dan Sumber Daya Hayati mengikuti Pelatihan System Dynamics yang diselenggarakan System Dynamics Center

Perkembangan dalam analisis perencanaan dan kebijakan dari desain dengan dasar analisis kualitatif, tetapi saat ini menjadi sebuah tren dalam mendesain suatu rencana kebijakan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif yang salah satunya adalah pendekatan sistem dinamik. Sistem dinamik adalah suatu metode yang dapat menggambarkan elemen dari suatu sistem yang kompleks dan mempelajari interaksi antar elemen tersebut, sehingga dapat menyelesaikan suatu masalah yang rumit melalui suatu penyederhanaan permasalahan dengan berfikir sistem (System Thinking). Sistem dinamik dapat memperhitungkan kebijakan dengan tepat, menyeluruh dan efektif serta dapat mempertimbangkan kondisi dimasa yang akan datang.

Pusat KSDH UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi mengikuti pelatihan System Dynamics yang diselenggarakan secara daring/online via zoom meeting pada tanggal 23-25 Juni 2022 dengan menugaskan Ketua Pusat KSDH (Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc) dan Sekretaris Pusat KSDH (Aini Qomariah Manurung, S.Si., M.Si) pembuatan model Stock Flow Rate dengan memproyeksikan penduduk dimasa yang akan datang dengan melihat angkat kelahiran, angka kematikan, emigrasi, dan imigrasi untuk mengetahui pertumbuhan penduduk berdasarkan UHH (Usia Harapan Hidup). dengan proyeksi ini diharapkan mampu memprediksi pertumbuhan dan jumlah populasi dimasa yang akan datang. model system dynamics ini juga sapat dimanfaatkan untuk memprediksi biodiversitas di Indonesia dimasa yang akan datang.

Materi pelatihan ini yaitu meliputi Pengenalan Powersim untuk Sistem Dinamik, Penerapan Aplikais Powersim, Fungsi Penting dalam Model, Pengembangan Model.