Style Switcher
Color Skins
21 Oct 2023

Program Studi Biologi Menggelar Pelatihan "Peluang Bisnis dalam Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga"

Program Studi Biologi FST UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menyelenggarakan kegiatan “BIOTHA SERIES"  Biopreneurship : Peluang Bisnis Dalam Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga” berlangsung pada  Kamis, 19 oktober 2023 di Lab. IPA Terpadu yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Prodi Biologi (Aini Qomariah Manurung, M.Si) dengan Narasumber dosen program studi Biologi (Hesti Riany, M.Si) dan Mahasiswa Kimia / Duta Green Sutha (Syarifa Aini). Pelaksanaan Kegiatan ini terbuka untuk seluruh Mahasiswa UIN STS Jambi dan Siswa SMA yang diikuti sebanyak 20 peserta.

BIOTHA SERIES ini merupakan agenda rutinitas Program Studi Biologi untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa dan masyarakat umum khususnya siswa SMA dengan agenda pertama BIOTHA SERIES bertajuk Biopreneurship dengan memanfaatkan limbah rumah tangga berupa limbah kulit buah yang diolah menjadi Eco-Enzyme dengan proses fermentasi 100 hari. Eco-Enzyme ini yang dijadikan produk turunan menjadi Sabun. Selain itu, produk lain yang dibuat menjadi produk Sabun berasal dari limbah minyak jelantah. 

Sosialisasi peluang bisnis pemanfaatan limbah rumah tangga ini dimaksudkan untuk memberikan keterampilan kepada para peserta dalam meningkatkan softskill dibidang Biopreneurship. Peserta juga diajarkan dalam menentukan formulasi yang tepat proses pembuatan sabun baik itu dari Eco-Enzyme maupun dari minyak jelantah. Praktik pembuatan sabun dari 20 peserta dibagi menjadi 4 kelompok. Setelah narasumber menjelaskan metode kerja dan beberapa syarat yang perlu diperhatikan misalnya menggunakan sarung tangan, tidak menggunakan peralatan dari bahan alumunium, serta menggunakan masker. Masing-masing kelompok mempraktikkan secara langsung dalam proses penakaran bahan dengan formulasi yang sudah ditentukan, membuat adonan dari bahan yang sudah ditentukan. Adonan yang sudah tercampur merata, selanjutnya adonan siap dimasukan kedalam cetakan dengan berbagai variasi bentuk. Setelah adonan sabun dimasukan ke dalam cetakan, tunggu adonan sampai mengental dan benar-benar padat serta disimpan pada suhu ruangan. Setelah kurang lebih seminggu, produk sabun siap digunakan.

Terdapat empat varian produk sabun yang dibuat dalam pekatihan yang diselenggarakan oleh Program Studi Biologi ini yaitu :
1. Sabun Eco enzyme menggunakan varian aroma papermint
2. Sabun Kunyit menggunakan varian aroma ginger grice
3. Sabun Kopi menggunakan varian aroma kopi
4. Sabun Charcoal menggunakan varian aroma apel

Kegiatan ini ditutup oleh ketua Program Studi Biologi (Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc). Beliau menyampaikan setelah kegiatan ini selesai, diharapkan semua peserta yang telah mengikuti proses dari awal hingga akhir dapat menerapkan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi limbah rumah tangga dengan menjadikan produk turunan yang memiliki nilai ekonomi dan menumbuhkan semangat Biopreneurship.
Biopreneurship merupakan suatu pendekatan yang memadukan antara konsep pendekatan ilmu biologi dengan kewirausahaan. Program Biopreneurship yang diselenggarakan Program Studi Biologi ini diharapkan mampu memberikann kontribusi yang baik dalam proses pembelajaran atau dalam hal pemberdayaan dan mampu memberikan hasil positif terhadap peningkatan minat berwirausaha bagi Mahasiswa Biologi khususnya.