Style Switcher
Color Skins
14 Dec 2022

Pusat Kajian Konservasi dan Sumber Daya Hayati menghadiri Pengumuman Pemeringkatan UI GreenMetric World University Ranking di Depok

Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (Prof. Dr. Su'aidi., M.A., Ph.D) berserta Pusat Kajian Konservasi dan Sumber Daya Hayati selaku PIC UI GreenMetric (Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc) menghadiri pengumuman UI GreenMetric World University Ranking di Balai Sidang, Universitas Indonesia (12/12/2022). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pimpinan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia secara langsung.

Universitas Indonesia (UI) mengawali sebuah Peringkat Universitas Dunia pada tahun 2010 yang kemudian dikenal dengan nama “UI GreenMetric World University Rankings“ untuk mengetahui usaha berkelanjutan kampus. Hal ini dimaksudkan untuk melihat program dan kebijakan berkelanjutan pada universitas di seluruh dunia. Secara umum, UI GreenMetric mendasarkan penilaian dalam konsep kerangka lingkungan, ekonomi dan persamaan. Agar indikator dan kategori pemeringkatan dapat relevan bagi semua universitas.

UI GreenMetric merancang indikator dan bobot sedemikian rupa sehingga jauh dari bias. Pekerjaan mengumpulkan dan mengirimkan data jauh lebih mudah dan membutuhkan waktu yang relatif singkat. Sembilan puluh lima universitas dari 35 negara ambil bagian dalam GreenMetric tahun 2010 yakni sebanyak 18 dari Amerika, 35 dari Eropa, 40 dari Asiadan dua dari Australia. Pada tahun 2021 sebanyak 956 universitas dari 80 negara di seluruh dunia ikut berpartisipasi. Hal ini menunjukkan bahwa UI GreenMetric dikenal sebagai yang pertama dan satu-satunya pemeringkatan universitas dunia dalam hal berkelanjutan. Tema tahun 2022 adalah “Collective Actions for Transforming Sustainable Universities in the Post-Pandemic Time”. UI GreenMetric menitikberatkan kepada usaha universitas dalam melanjutkan program dan kebijakan berkelanjutan berdasarkan UI GreenMetric dan SDGs dalam persiapan untuk pengajaran, pembelajaran dan penelitian setelah masa pandemi Covid-19. Pada tahun 2022 sebanyak 1050 universitas dari 85 negara di seluruh dunia ikut berpartisipasi. Hal ini menunjukkan bahwa UI GreenMetric dikenal sebagai yang pertama dan satu-satunya pemeringkatan universitas dunia dalam hal berkelanjutan.

Kriteria dan Indikator Penilaian UI GreenMetric yaitu :

  1. Setting and Infrastructure (15%)
  2. Energy and Climate Change (21%)
  3. Waste (18%)
  4. Water (10%)
  5. Transportation (18%)
  6. Education and Research (18%)

Dalam acara ini juga dihadiri oleh Keynote Speech 1, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., PhD, Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Republik Indonesia, dan Keynote Speech 2. Ir. Laksmi Dhewanthi, M.A., Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Pengumuman UI GreenMetric dilakukan secara Hybrid baik secara luring ataupun daring yang dilakukan secara langsung oleh Ketua UI GreenMetric World University Ranking (Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc) dan Wakil Ketua UI GreenMetric World University Ranking (Dr. Junaidi, S.S., M.A.) pada Perguruan Tinggi di Indonesia dan Dunia.

 link