Style Switcher
Color Skins
15 Mar 2023

UIN STS Jambi Mengikuti Kegiatan ToT Eco-Enzym UI 2023

UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi berkomitmen kuat untuk menerapkan dan mensosialisasikan program kampus yang berkelanjutan. Selain mempraktekkan seluruh standar kampus berkelanjutan  yang ada di dalam UI GreenMetric, UIN STS Jambi juga mengikuti Education Program for Training of Trainers (ToT) untuk pengolahan sampah organic menjadi Eco Enzyme bagi para mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan. Tim Eco Enzyme UIN STS Jambi yang ikut serta dalam kegiatan ini antara lain Bayu Kurniawan, M.Sc selaku penanggung jawab 1,  Syukrya Ningsih M.Si sebagai penanngung jawab 2 dan Aini Qomariah Manurung, M.Si sebagai penanggung jawab 3.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor UPN Veteren Yogyakarta Prof. Dr. Mohamad Irhas Efendi, M.Sc serta dihadiri oleh ratusan akademisi baik dari institusi negeri maupun swasta untuk menyimak paparan dengan tema “Eco-Enzymes for Sustainable Campuses and Ecosystems” pada hari Rabu, 23 Maret 2023. Acara ini berupaya untuk mengedukasi dan meningkatkan pengetahuan civitas akademika tentang pelestarian lingkungan sekaligus memberikan pelatihan pembuatan Eco-Enzymes bagi civitas akademika dan para stakeholder universitas.

Kegiatan ToT Eco Enzyme merupakan salah satu inisiatif dari divisi pengembangan Eco Enzym UI GreenMetric World University Rankings Network (UIGWURN) yang bermaksud untuk mengolah sampah organik di kampus dan dapat diterapkan untuk keperluan sanitasi di lingkungan kampus.

Kegiatan ini menghadirkan tiga pembicara yaitu Sisca Alacia Farma, S.Pd. M.Boim dari Universitas Negeri Padang dengan materi  tentang bahan untuk pembuatan sabun dan disinfektan berbasis eco-enzyme dan Dr.Ir. Nurzainah Ginting, M.Sc yang merupakan Ketua tim eco-enzym UI GreenMetric dari Universitas Sumatera Utara dengan materi pembuatan eco-enzym beserta analisis keuangan eco-enzym.