Style Switcher
Color Skins
15 Jul 2023

Ketua Pusat KSDH menghadiri Pertemuan Ilmiah Nasional UI GreenMetric World University Ranking di Jawa Timur

Ketua Pusat KSDH dan Ketua Pusat SDGs UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi mengikuti Pertemuan Ilmiah Agenda Nasional UI GreenMetric World University Ranking di Univ Wiraraja, Jawa Timur (Rabu, 13/07/23).


Kegiatan ini merupakan agenda rutin Pertemuan Ilmiah Nasional Tim TILIK (Tim Infastruktur dan Lingkungan Kampus) UI GreenMetric World University Ranking pada tahun 2023 dengan tema "Komitmen Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Kampus Hijau dengan Pembangunan Berkelanjutan".

 

Rektor Unija Madura Sjaifurrachman menyampaikan terima kasih kepada UI GreenMetric yang telah mendukung kegiatan ini. “Kami berbangga hati dan berterima kasih kepada Ketua UI GreenMetric Riri Fitri Sari, atas kepercayaannya kepada kami selaku tuan rumah Lokakarya Tim Infrastruktur dan Lingkungan Kampus (TILIK) Tahun 2023 ini,” ungkapnya dalam sambutannya

 

Kegaiatn TILIK menghadirkan narasumber dari Institut Teknologi Sepuluh Novenber Surabaya (ITS), Untirta Banten, UIN RIL, dan UI GreenMetric World University Ranking.

Narasumber dari ITS menyampaikan materi berkenaan desain arsitektur yang gedung yang aman dan nyaman. Selain itu, perilaku pengguna gedung menjadi penentu untuk menciptakan keanaman dan kenyamanan gedung itu sendiri.  

Menurut Bayu yang mengikuti kegiatan TILIK secara langsung dapat diambil kesimpulan bahwa “tatakelola kampus kunci utama untuk mencipatakan sustainable jangka panjang. Kenyamanan dan keamanan kampus dapat dicerminkan dari pengelolaan infrastruktur yang ada”. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi referensi untuk meningkatkan tatakelola di kampus UIN Jambi serta menjadi pedoman dalam pengisian perankingan UI GreenMetric World University Ranking

 

Menurut Bank Dunia infrastruktur kampus yang optimal, memungkinkan para pelajar untuk mengembangkan keterampilan kognitif mereka dengan lebih baik. Infrastruktur yang laik fungsi terutama pada kondisi fisik gedung kampus secara positif mempengaruhi tingkat penyelesaian studi, dan mampu meningkatkan pendaftaran peserta didik. Pentingnya memiliki lingkungan dalam kondisi yang baik membantu peserta didik memperoleh hasil yang diharapkan dalam proses pembelajaran, sehingga infrastruktur pendidikan yang baik akan mengarah pada peningkatan kualitas pendidikan dan berdampak signifikan terhadap kinerja peserta didik.

 

 

Kegiatan ini digelar secara daring dan luring. Peserta luring yang mengikuti kegiatan ini yaitu :  

  1. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi,
  2. Institut Teknologi Sepuluh Novenber Surabaya,
  3. Universitas Indonesia,
  4. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten,
  5. Universitas Malikussaleh Lhoksumawe Aceh,
  6. Universitas Lampung,
  7. Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta,
  8. Universitas Sunan Muria Kudus,
  9. Universitas Negeri Malang,
  10. Universitas Negeri Surabaya (Unesa).
  11. Universitas Wiraraja
  12. Politeknik Negeri Madura
  13. Universitas Pancasila
  14. STKIP Madura