Style Switcher
Color Skins
30 Oct 2023

Pengabdian kepada Masyarakat : Sosialisasi Kesehatan Reproduksi akibat Pernikahan Usia Dini dan Sosialisasi PHBS serta Cek Kesehatan Masyarakat Desa Pulau Raman

Kuliah Kerja Nyata (KKN) TEMATIK Posko 04 Desa Pulau Raman menggelar Program Kerja “Sosialisasi Kesehatan Reproduksi akibat Pernikahan Usia Dini dan Sosialisasi PHBS serta Cek Kesehatan Masyarakat Desa Pulau Raman” (12/07). Kegiatan ini dilakukan di halaman kantor Desa Pulau Raman dan juga dihadiri langsung oleh Kepala Desa Pulau Raman, Azwar S.H. Ketua Penyuluhan Puskesmas, Rita Yorneli Sinaga Am. Keb beserta jajaran. Ketua TP PKK Desa Pulau Raman, Yusnita Amd. Keb. Ketua Penyuluhan Agama Islam dari KUA kecamatan pemayung, Amat Sabirin S. Sos. I. beserta jajaran bapak Ismail S. Sy.

Kesehatan reproduksi menjadi perhatian khusus secara di seluruh dunia sejak diangkatnya isu tersebut dalam Konferensi Internasional mengenai Kependudukan dan Pembanginan (International Conference on Population and Development, ICPD), di Kairo Mesir pada tahun 1994. 

Edukasi terhadap pernikahan dini penting untuk dilakukan mengingat berbagai dampak yang akan ditimbulkan yaitu dalam aspek Pendidikan diantaranya putus sekolah, membatasi kemampuan dalam melihat cakrawala dunia. Pada aspek Ekonomi yaitu memperluas dan menambah pekerja anak dibawah umur, upah rendah dan kemiskinan. pada aspek Kesehatan yaitu resiko memiliki anak Stunting tinggi, terganggunya kesehatan reproduksi, tingginya mortalitas, meningkatnya resiko kanker serviks, beby blues, stres, pola asuh salah keanak, peningkatan resiko infeksi menular, dan resiko kekerasan dalam rumah tangga.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan mampu memberikan wawasan kepada generasi muda untuk memulai hidup yang produktif, hidup yang lebih sehat, serta memiliki tingkat pendidikan yang lebih baik lagi.