Style Switcher
Color Skins
15 Dec 2023

Prodi Biologi FST UIN STS Jambi Gelar Workshop VMTS sekaligus Kurikulum dengan Narasumber dari Ketua Konsorsium Biologi Indonesia

Prodi Biologi FST UIN STS Jambi Gelar Workshop VMTS sekaligus Kurikulum dengan Narasumber dari Ketua Konsorsium Biologi Indonesia. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Program Studi Biologi dengan Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI)

Jambi, 23 November 2023 - Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menggelar Workshop VISI MISI TUJUAN STRATEGI (VMTS) dan Kurikulum secara hybrid pada hari Kamis, 23 November 2023. Acara yang diselenggarakan di Ruang GCR Lantai 9 ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc Dekan Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) sekaligus sebagai Ketua Konsorsium Biologi Indonesia.
Workshop ini juga dihadiri berbagai stakeholder diantaranya Ibu Sri May Wahyuni, S.Hum dari Kementerian Ketenagakerjaan, Ibu Dr. Araz Meilin, M.Si dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Bapak Dr. Eko Kuswanto, S.Si., M.Si dari Sekjen Asosiasi Dosen Biologi dan Pendidikan Biologi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), Mahya Ikhsan, S.Si., M.Si Ketua Program Studi Biologi FST Universitas Jambi, Zahratul Idami, S.Si., M.Sc Ketua Program Studi Biologi FST UIN Sumatera Utara, Dr. Baiq Farhatul Wahidah, M.Si Ketua Program Studi Biologi FST UIN Semarang, Tabri, S.Si., dari TNI Angkatan Darat, Dr. Mahdayeni, M.Pd dari NGO, dan mitra lainnya. Turut hadir juga Dekan FST (Iskandar, S.Ag., M.Pd., M.S.I., M.H., Ph.D), Wakil Dekan 1 FST (Dr. Tanti, M.Si), dosen dan mahasiswa Program Studi Biologi.
Bayu Kurniawan, M.Sc selaku Ketua Prodi Biologi menjelaskan bahwa keberlimpahan sumber daya alam di Jambi menjadi keunikan dan kekayaan tersendiri bagi Prodi Biologi. "Kami memiliki keberuntungan besar dengan sumber daya alam yang melimpah di Jambi, dan Prodi Biologi fokus pada tiga pilar sebagai distingsi keilmuan yaitu Biodiversitas, Konservasi, dan Kearifan Lokal. Melalui workshop ini, kami sangat mengharapkan adanya masukkan dan saran terhadap VMTS dan Kurikulum Prodi Biologi kepada Narasumber dan Stakeholder.
Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN STS Jambi, Iskandar, PhD, dalam sambutannya menyampaikan Workshop VMTS ini merupakan langkah strategis untuk mengevaluasi dan merumuskan arah pengembangan Prodi Biologi ke depan. “Keberlimpahan sumber daya alam di Jambi dengan keberadaan tiga taman nasional diharapkan dapat menjadi landasan kuat untuk pengembangan keilmuan Prodi Biologi yang berkelanjutan dan berkualitas” ujarnya.
Dalam paparannya, Prof. Budi menggarisbawahi pentingnya menyusun VMTS yang tidak hanya menjadi panduan internal Prodi Biologi, tetapi juga mencerminkan visi yang jelas dan relevan dengan kebutuhan dan perkembangan ilmu biologi saat ini.
Workshop VMTS ini menjadi momentum penting dalam menggali pandangan dan kontribusi dari berbagai pihak terkait pengembangan Prodi Biologi di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Acara diharapkan memberikan arah yang jelas untuk pengembangan program studi yang lebih efektif dan berdaya saing.
Selain itu, Dokumen Kurikulum Program Studi Biologi juga dibedah oleh Ketua Konsorsium Biologi Indonesia. Terdapat tujuh point utama yang secara langsung direview yaitu 
1.    Identitas Program Studi,
2.    Evaluasi Kurikulum dan Tracer Study
3.    Landasan Perancangan dan Pengembangan Kurikulum
4.    Rumusan Standar Kompetensi Lulusan, Profil Lulusan dan CPL
5.    Penetapan Bahan Kajian
6.    Pembentukan Mata Kuliah dan Penentuan Bobot SKS
7.    Matrik dan Distribusi Mata Kuliah
Dari ketujuh point yang direview, sudah dinyatakan bahwa dokumen kurikulum Program Studi Biologi sudah disusun dengan lengkap dan rinci namun masih ada beberapa perbaikan lagi seperti pada analisis SWOT Prodi untuk menjawab perkembangan global dan tuntutan pasar yang terkoneksi pada Profil Lulusan dan Program MBKM.
Setelah adanya perbaikan atas masukkan dan saran dari narasumber dan stakeholder pada saat workshop tanggal 22 November 2023, dokumen kurikulum program studi biologi ini akan direview ulang oleh narasumber yaitu Ketua KOBI sekaligus Dekan Fakultas Biologi UGM untuk mendapatkan penilaian terhadap dokumen kurikulum Program Studi Biologi FST UIN STS Jambi