Style Switcher
Color Skins
16 Oct 2023

Program Studi Biologi FST sukses menyelenggarakan Webinar Nasional dengan Tema "Optimalisasi Metadata Publishing Sources dalam Penelitian"

Program Studi Biologi FST sukses menyelenggarakan Webinar Nasional dengan Tema "Optimalisasi Metadata Publishing Sources dalam Penelitian" yang dilakukan secara online via zoom meeting (Kamis, 12/10). Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta dari berbagai instansi dan perguruan tinggi di Indonesia yaitu diantaranya

  1. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  2. Universitas Galuh
  3. UIN Sumatera Utara Medan
  4. Pemerintahan Kota Batu
  5. Universitas Negeri Medan
  6. IAIN Ternate
  7. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  8. UIN Raden Intan Lampung
  9. Politeknik Hasnur
  10. IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  11. Universitas Jambi
  12. Universitas Labuhanbatu
  13. Universitas Diponegoro
  14. Universitas Andalas
  15. Universitas Abdul Azis Lamadjido Palu
  16. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  17. Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi
  18. UIN Alauddin Makassar

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (Iskandar, S.Ag., M.Pd., M.S.I., M.H., Ph.D) dengan kata sambutan dari Ketua Program Studi Biologi (Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc). Kaprodi Biologi menyampaikan tentu saja kegiatan ini bisa menstimulus setiap dosen dan mahasiswa lebih giat lagi melakukan penelitian mengingat kesesuaian dengan materi yang akan disampaikan oleh narasumber yaitu Optimalisasi Metadata Publishing Sources dalam Penelitian. Webinar ini penting untuk dilakukan mengingat salah satu tuntutan yang wajiib dilakukan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Penelitian
Kegiatan ini menghadirkan Narasumber Evan Vria Andesmora, M.Si (Dosen Biologi FST) yang saat ini sedang menempuh pendidikan Doktoral di Institut Pertanian Bogor dengan moderator Sekretaris Prodi Biologi (Aini Qomariah Manurung, M.Si).

Sebagai Dosen, penelitian menjadi tuntutan yang wajib dilakukan. Namun, tidak sedikit dari mahasiswa atau akademisi yang masih kesulitan dalam menentukan Research gap. Pada webinar ini, Research gap menjadi fokus penyampaian oleh narasumber bapak Evan Vria Andesmora. Dalam presentasinya, beliau menyampaikan tools yang digunakan dalam mencari Research gap menggunakan aplikasi publish or perish dan VOSviewer.